rpp tik

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan
SD SANTO THOMAS
Mata Pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Tema
III (Perubahan Wujud Benda)
Kelas/Semester
III / II
Alokasi Waktu
2 x 35 menit
Hari & Tanggal
Kamis, 24Mei 2018

A.      Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dalam     berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual, dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah. 
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dn logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berkahlak mulia.


B.      Standar Kompetensi
4. Mengolah dokument secara kreatif

C.      Kompetensi Dasar
4. 3 Mengolah dokumen microsoft word.

D.     Core Values (Nilai-nilai Keutamaan)
C11 Kepedulian
C21 Disiplin
C22 Mandiri
C41Kreatifitas

E.       Indikator
4.3.1           Menerapkan fungsi menu dan ikon (pada Tab Page Layout)
4.3.2           Memasukkan bingkai (page border) dan warna dasar (page color)

F.       Tujuan Pembelajaran
Melalui demonstrasi dan praktik siswa diharapkan mampu :
ü  Menggunakan tampilan lembar kerja Ms. Word
ü  Menerapkan fungsi menu dan ikon pada tab page lay out
ü  Memasukkan bingkai dan warna dasar (page color)










G.      Materi Pembelajaran
ü  Tampilan Ms.Word
 















1.      MENU HOME
ü  MEMBERI WARNA HURUF
 












ü  MENEBALKAN HURUF MENGGARIS BAWAH HURUF

2.      MENU INSERT
Menyisipkan Shape:
Klik pada tab insert >> pada panel Illustations kemudian  klik shapes







3.       MENUPAGE LAY OUT

TAMPILAN BORDER AND SHADING

H.     Pendekatan/Metode/Teknik/Model Pembelajaran*)
Model Pembelajaran          : E- Learning (IT Learning)
PendekatanPembelajaran : Pendekatan Scientific
Metode Pembelajaran        : Penugasan, Praktik, tutorial dan bimbingan.


I.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Terminal Values
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan



Siswa dan Guru sama-sama memberikan salam dan mengabsensi siswa
Guru :
1.         Siswa dimotivasi untuk belajar (Ice breaking permainan tangan)
2.         Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai melalui pembelajaran hari ini
3.         Siswa diarahkan untuk menghidupkan komputer sesuai prosedur.




C11 Kepedulian

10 Menit
2
Kegiatan Inti



Eksplorasi
ü Siswa diarahkan membuka tampilan microsoft Word
ü Siswa menyimak  mendemonstrasi penggunaan page layout
ü Siswa menyimak  mendemonstrasi cara memberi bingkai pada tampilan Ms. Word.

Elaborasi :
ü Siswa membuat lembar kerja yang diberikan guru
ü Siswa mengaplikasikan penggunaan page lay out
ü Siswa mempraktikkan cara menyisipkan bingkai
ü Siswa diarahkan untuk menyimpan file pada folder baru dengan nama dan kelas.

Konfirmasi
ü Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, terhadap keberhasilan siswa.
ü Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang belum diketahui.
ü Siswa diminta memberikan kesimpulan tentang  pengertian Ms. Word
ü Siswa diarahkan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.

C11 Kepedulian

C11 Kepedulian




C22 Mandiri, C41Kreatifitas









50 Menit
















3.
Penutup



Guru memberikan evaluasi dan penegasan.
a.       Siswa merefleksikan kegiatan bersama guru.
b.       Siswa bersama guru merencanakan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
C21 Disiplin
10 Menit

J.       Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber :
1.       Guru Mata Pelajaran
2.       Buku Erlangga
Media Pembelajaran:
1.       Perangkat IT.
2.       Aplikasi Microsoft Word.
3.       Menu Home,  Insert, page lay out dan border and shading.

4.       Penilaian
1.      Teknik
Penugasan, Observasi dan Uji kinerja (Praktik)
2.      Bentuk
Penugasan kelas dan Uji prosedur
3.      Instrumen
Penugasan kelas
a)  Sebutkan  langkah – langkah menerapkan ikon menu page lay out!
b) Sebutkan langkah-langkah menyisipkan bingaki (penggunaan border and shading)!

Uji Prosedur
a)  Ketik lembar kerja yang disiapkan oleh gurumu!
b)  Terapkanlah menu ikon page layout untuk menghiasnya!
c)  Berilah bingkai pada tampilan lembar kerjamu agar nampak menarik!

Lembar Observasi
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 1
[(Jumlah / 8 )x10]
4
3
2
1
1.     Menunjukkan isi tampilan menu ikon page layout





2.   Menunjukkan langkah membingkai tampilan lembar kerja.





Jumlah





Skoring Rubrik
Skor 1         :  Jika siswa melaksanakan instrumen tidak  sesuai dengan prosedur.
Skor 2         : Jika siswa melaksanakan instrumen kurang sesuai dengan prosedur
Skor 3         : Jika siswa Jika siswa melaksanakan instrumen dengan bantuan guru
Skor 4         : Jika siswa melaksanakan instrumen sesuai prosedur dengan kreatif dan mandiri

Rubrik Uji Prosedur
Instrumen
Skala Kuantitatif
Nilai 2
[(Jumlah/16 )x10]
4
3
2
1
1. Mengetik teks lembar kerja





2. Menyisipkan hiasan bingkai





3. menggunakan page lay out





4. Menyimpan file pada folder baru





      Jumlah





Skoring Rubrik
Skor 1         :  Jika siswa melaksanakan instrumen tidak  sesuai dengan prosedur.
Skor 2         : Jika siswa melaksanakan instrumen kurang sesuai dengan prosedur
Skor 3         : Jika siswa Jika siswa melaksanakan instrumen dengan bantuan guru
Skor 4         : Jika siswa melaksanakan instrumen sesuai prosedur dengan kreatif dan mandiri


Keterangan :                          
Penilaian  
Nilai KD = (Nilai 1 + Nilai 2)/2

                                                                                                           
                                                                                                            Ciledug, 24Mei 2018
Mengetahui,                                                                                         
Kepala Sekolah                                                                                      Guru Mata Pelajaran




Yuliana Budiyanti, S.Pd.SD                                                                   Adi Singgih Nugraha, S.Pd.

NIK.10515                                                                                             NIK. 41920

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDIDIKAN KARAKTER