rpp tik
RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP)
|
|
Satuan
Pendidikan
|
SD
SANTO THOMAS
|
|
Mata
Pelajaran
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK)
|
|
|
Tema
|
III
(Perubahan Wujud Benda)
|
|
|
Kelas/Semester
|
III / II
|
|
|
Alokasi
Waktu
|
2
x 35 menit
|
|
|
Hari
& Tanggal
|
Kamis,
24Mei 2018
|
|
|
|
||
|
A.
Kompetensi Inti
|
||
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan
percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual, dengan cara mengamati, mendengar, melihat,
membaca, dan menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dn logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berkahlak mulia.
|
||
|
B.
Standar
Kompetensi
|
|
4. Mengolah dokument
secara kreatif
|
|
C.
Kompetensi Dasar
|
|
4. 3 Mengolah dokumen
microsoft word.
|
|
D.
Core Values (Nilai-nilai
Keutamaan)
|
|
C11
Kepedulian
C21
Disiplin
C22
Mandiri
C41Kreatifitas
|
|
E.
Indikator
|
|
4.3.1
Menerapkan fungsi menu dan ikon (pada Tab Page
Layout)
4.3.2
Memasukkan bingkai (page border) dan warna dasar
(page color)
|
|
F.
Tujuan
Pembelajaran
|
|
Melalui
demonstrasi dan praktik siswa diharapkan mampu :
ü Menggunakan tampilan lembar kerja Ms. Word
ü Menerapkan fungsi menu dan ikon pada tab page lay
out
ü Memasukkan
bingkai dan warna dasar (page color)
|
|
G.
Materi
Pembelajaran
|
|
|
ü
Tampilan Ms.Word
1.
MENU HOME
ü
MEMBERI WARNA
HURUF
ü
MENEBALKAN HURUF MENGGARIS BAWAH HURUF
2.
MENU INSERT
Menyisipkan Shape:
Klik pada tab insert >> pada
panel Illustations kemudian klik shapes
|
|
H.
Pendekatan/Metode/Teknik/Model
Pembelajaran*)
|
|
Model
Pembelajaran : E- Learning (IT
Learning)
PendekatanPembelajaran
: Pendekatan Scientific
Metode
Pembelajaran : Penugasan, Praktik, tutorial dan
bimbingan.
|
|
I.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
|||
|
No
|
Uraian Kegiatan
|
Terminal
Values
|
Alokasi Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
|
|
|
Siswa
dan Guru sama-sama memberikan salam dan mengabsensi siswa
Guru
:
1.
Siswa dimotivasi untuk belajar (Ice breaking
permainan tangan)
2.
Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai melalui
pembelajaran hari ini
3.
Siswa diarahkan untuk menghidupkan komputer sesuai
prosedur.
|
C11
Kepedulian
|
10 Menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
Eksplorasi
ü Siswa diarahkan
membuka tampilan microsoft Word
ü Siswa menyimak mendemonstrasi penggunaan page layout
ü Siswa menyimak mendemonstrasi cara memberi bingkai pada
tampilan Ms. Word.
Elaborasi :
ü Siswa membuat
lembar kerja yang diberikan guru
ü Siswa
mengaplikasikan penggunaan page lay out
ü Siswa mempraktikkan cara menyisipkan bingkai
ü Siswa diarahkan
untuk menyimpan file pada folder baru dengan nama dan kelas.
Konfirmasi
ü Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, terhadap keberhasilan siswa.
ü Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang belum diketahui.
ü Siswa diminta memberikan kesimpulan tentang pengertian Ms. Word
ü Siswa diarahkan
untuk mematikan komputer sesuai prosedur.
|
C11
Kepedulian
C11
Kepedulian
C22
Mandiri, C41Kreatifitas
|
50
Menit
|
|
3.
|
Penutup
|
|
|
|
|
Guru
memberikan evaluasi dan penegasan.
a.
Siswa merefleksikan kegiatan bersama guru.
b.
Siswa bersama guru merencanakan materi yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
|
C21
Disiplin
|
10
Menit
|
|
J.
Sumber dan Media
Pembelajaran
|
|
Sumber :
1.
Guru Mata
Pelajaran
2.
Buku Erlangga
Media
Pembelajaran:
1.
Perangkat IT.
2.
Aplikasi Microsoft Word.
|
|
4.
Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
1.
Teknik
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penugasan,
Observasi dan Uji kinerja (Praktik)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2.
Bentuk
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penugasan kelas
dan Uji prosedur
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
3.
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Penugasan
kelas
a) Sebutkan
langkah – langkah menerapkan ikon
menu page lay out!
b) Sebutkan
langkah-langkah menyisipkan bingaki (penggunaan border and shading)!
Uji Prosedur
a) Ketik lembar kerja
yang disiapkan oleh gurumu!
b) Terapkanlah
menu ikon page layout untuk menghiasnya!
c) Berilah bingkai pada tampilan lembar kerjamu
agar nampak menarik!
Lembar Observasi
Skoring Rubrik
Skor 1 :
Jika siswa melaksanakan instrumen tidak sesuai dengan prosedur.
Skor 2 : Jika siswa melaksanakan instrumen
kurang sesuai dengan prosedur
Skor 3 : Jika siswa Jika siswa melaksanakan
instrumen dengan bantuan guru
Skor 4 : Jika siswa melaksanakan instrumen
sesuai prosedur dengan kreatif dan mandiri
Rubrik Uji Prosedur
Skoring Rubrik
Skor 1 :
Jika siswa melaksanakan instrumen tidak sesuai dengan prosedur.
Skor 2 : Jika siswa melaksanakan instrumen
kurang sesuai dengan prosedur
Skor 3 : Jika siswa Jika siswa melaksanakan
instrumen dengan bantuan guru
Skor 4 : Jika siswa melaksanakan instrumen
sesuai prosedur dengan kreatif dan mandiri
Keterangan :
Penilaian
Nilai KD = (Nilai 1 + Nilai 2)/2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ciledug, 24Mei 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Yuliana Budiyanti,
S.Pd.SD Adi Singgih
Nugraha, S.Pd.
NIK.10515 NIK.
41920
Komentar
Posting Komentar