ESSAI PROGRAM GURU PENGGERAK
1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak
Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang
Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?
Saya merasa tertantang untuk menjadi guru penggerak karena
saya ingin mengembangkan potensi yang saya miliki sebagai profesi guru. sebagai
alumni guru SM3T atau guru yang pernah mengabdi di pelosok negeri dengan
semboyan maju bersama mencerdaskan indonesia. saya ingin berperan penuh untuk
mencerdaskan bangsa. dimulai dari sekolah tempat saya mengabdi dan masyarakat
luas. selain itu perlu adanya pembinaan guru secara terprogram dan
berkesinambungan. maka dari itu Guru Penggerak bagi saya merupakan sebuah jalan
menuju hal tersebut.
535 / 5000
Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru
Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!
Sebagai seorang guru saya merasa diri saya adalah seseorang
yang mau belajar. karena sebelum kita mengajar, tentu harus sudah menguasai
ilmu tersebut. haus akan ilmu dan pengalaman bagi saya merupakan kunci untuk
terus menggali pemahaman dan khazanah keilmuan. guru penggerak merupakan wadah
bagi saya yang tepat untuk menyalurkan kelebihan saya dalam mengaplikasikan pengalaman
belajar, menjalin relasi dalam dunia pendidikan, dan meningkatkan
profesionalisme. selaku guru yang sudah menempuh jenjang Pendidikan Profesi
Guru (PPG). dirasa bagi saya perlu pengaplikasian ilmu tersebut. Sehingga dapat
bermakna dalam menjalani kehidupan saya di dunia pendidikan.
Menyukai tantangan adalah sifat mendasar saya mengapa saya
harus berperan di guru penggerak ini. karena sebagai seorang guru tentu kita
akan dihadapkan pada tantangan global yang menuntut seorang guru memiiliki
multi fungsi dan multi talent. sehingga pendidikan tidak monoton dan berwarna
serta diharapkan dapat menciptakan generasi Emas di masa mendatang.
Saya memiliki kemampuan untuk Ilmu IT dasar. Setidaknya saya
menguasai Microsot Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan
Powerpoint. Selain itu saya aktif membuat konten di Chanel Youtube saya (Adi
Project) yang isinya berupa konten kreasi seperti pembelajaran IT dasar dan
sastra. Dan saya juga memverikan sharing atau berbagi cara atau tutorial
membuat kuis interaktif menggunakan Powerpoint. Sehingga beberapa rekan saya
tertarik membuat chanel youtube untuk dokumentasi kegiatan belajar mengajarnya.
Alhamdulillah bisa memotivasi rekan menjadi ke arah positif.
1595 / 5000
Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan,
atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri.
Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup
waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar
inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila
ada)
Secara sederhana di awal tahun 2020 saya hadir di sekolah
SDN 1 Babakangebang. mengajar siswa di kelas IV. saya berangkat setiap pukul
06.00. saya menyiapkan administrasi dan melakukan tegur sapa kepada guru dan
siswa. sebulan dua bulan kemudian nampak. ada perubahan secara sikap dan
attitude siswa kepada saya. kami mudah akrab dan menciptakan atmosfer hangat
dalam ruang lingkup kinerja. lalu saya dipercaya untuk program lingkungan hidup
oleh kepsek. maka saya dan rekan sejawat dibantu oleh para siswa dan wali murid
mengadakan pennghijauan. secara bertahap. kemudian jadilah kebun sayuran
sehingga dapat dikonsumsi bersama. selain itu halaman kelas dan sekolah lebih
indah dan rapih serta enak dipandang.
selain itu, secara berkesinambungan saya memberi
pembelajaran tambahan diluar jam belajar di sekolah
mungkin bisa disebut les. saya menambahkan pembinaan
karakter, pembelajaran matematika dan ilmu komputer sederhana (Microsoft
Office). Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan anak didik saya sudah bisa dan
ada yang cukup lancar dalam pengetikan di Microsoft Word, membuat gambar dalam
Paint, serta dapat membuat presentasi sederhana pada Microsoft Powerpoint.
di awal tahun pelajaran 2021-2022 siswa siswi saya yang saya
bina naik ke kelas 5. Dimana Ada program AKM (Assesment Kompetensi Minimum).
Berbekal pelatihan dan bimbingan dari saya, setidaknya mereka bisa mengerjakan
soal dengan menggunakan laptop. dapat mengetik dengan baik dan mudah mengerjakan
soal AKM.
Di awal semester saya menyelesksi siswa untuk persiapan
lomba akademik dan non akademik. Dari hasil rapat, saya diminta membina dan
melatih siswa di cabang sastra daerah. Saya menyeleksi dan terpilihlah beberapa
siswa sesuai cabang mata lomba.
Diantaranya ada 5 mata lomba yang diikuti oleh siswa siswi
saya. Ada lomba berpidato (Bahasa Indonesia), menggambar bercerita, Maca Warta,
Maca Sajak Sunda, dan Ngadongeng Sunda.
Dari 5 lomba tersebut 3 diantaranya mendapat juara. Yaitu
lomba maca Warta sunda juara 3. Juara 2 maca sajak Sunda, dan Juara 1 Dongeng
Sunda. Dan mewakili kecamatan menuju tingkat Kabupaten. Semoga mendapqtkan
hasil terbaik.
Semua yang sudah saya lakukan. Masihlah sebagian kecil dari
semua cita-cita bangsa. Yakni kecerdasan yang merata bagi semua putra putri
Indonesia. Guna menyiapkan generasi emas di masa mendatang. Harapan saya semoga
saya istiqomah dengan penuh cinta menjalankan ini semua. Serta diberikan selalu
kesehatan dan kemudahan melakukan inovasi.
2. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi
sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan
pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid,
keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi,
maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka
berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.
Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat
itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan
secara jelas!
Pada permualaan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021-2022 Saya
diminta oleh Kepala Sekolah untuk melakukan perubahan kecil yakni pengelolaan
lingkungan hidup di sekolah. Saya diminta bekerjasama dengan penkaga sekolah
dan rekan sejawat.
Saya meminta arahan kepala sekolah, wakil kepala sekolah,
dan rekan guru. untuk membuat rencana program. Alhamdulillah. Saya dapat
membentuk TIM dan membaginya sesuai tugas masing2. Semua sangat antusias. Kami
melakukan program tersebut setiap hati sabtu. Meski terkadang bebera kali
sering terganggu dengan ragam kegiatan sekolah serta renovasi bangunan sekolah.
Namun kegiatan selalu dilakukan secara bertahap. Sedikitnya tanaman sayur bisa
kami nikmati seperti pakchoy, kangkung, cabai. Hasil kami menanam di halaman
sekolah. Serta tanaman hiaspun menjadi hadir memperindah halaman sekolah kami.
831 / 5000
Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama?
Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut?
Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk
tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?
Awalnya rekan-rekan merasa keberatan karena sudah pasti
menambah beban kinerja mereka. Dan biasanya sepulang sekolah sibuk dengan
urusan masing-masing. Namun dengan saling terbuka dan saling membuka hati dan
fikiran serta komunikasi yang intens guna mengembangkan serta membangun sekolah
yang lebih asri. Alhamdulillah kesepakatanpun terlaksana. Hambatan lainnya
adalah. Masalah lahan yang sempit serta adanya rehab sekolah sebanyak 2x. Yakni
rehab ruang Guru dan ruang kelas. Sehingga mengakibatkan banyak tanaman yg
rusak, hilang dan barang2 perkebunan hilang. Hal ini perlu kerja keras dan
penanaman ulang serta perawatan ulang lingkungan hidup di SDN 1 Babakangebang.
Namun saya pribadi tak pantang menyerah. Semoga dengan dana yang minim bisa
terlaksana secara kontinuitas. Oya. Mengenai pendanaan. Kami bekerjasama dengan
para siswa melalui kegiatan belajarmengajar pada pembelajaran SBDP (Seni Budaya
dan Prakarya) saya menugaskan siswa membuat pot dari limbah plastik. Serta
membuat kelompok untuk membawa media tanam seperti pupuk kandang dan tanah yang
bagus untuk dijadikan media tanam. Untuk benih dan polybag. Mendapat bantuan
dari kepala sekolah. Alhamdulillah selalu ada bantuan dan kemudahan disetiap
program sederhana yang saya gagas.
1251 / 5000
Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen
dari berbagai pihak untuk bekerja sama?
Upaya yang saya lakukan adalah :
1. Mengolah hati, rasa dan pikiran untuk terus semangat dan
teguh dalam menjalankan program yang saya gagas.
2. Menjalin kerjasama dan diskusi rutin bersama rekan tim
saya.
3. Meminta saran dan arahan dari atasan guna evaluasi setiap
kinerja yang saya lakukan.
4. Melakukan perawatan secara berkala terhadap lingkungan
hidup.
5. Secara bertahap melakukan penanaman dan pengelolaan PLH
setelah bangunan di rehab.
6. Menjalin kinerjasama yang baik dengan seluruh warga
sekolah
7. Selalu berusaha rendah hati dan menggali inovasi yang
selalu ada di benak
Dan pikiran saya.
8. Berusaha untuk amanah
9. Selalu bersikap jujur dan apa adanya
10. Mencari literatur serta banyak membaca dari berbagai
sumber tentang program- program yang bermanfaat bagi sekolah.
11. Meningkatkan kualitas mengajar saya dimasa pandemi covid
19 ini.
12. Selalh berinovasi meski selalu ada saja hambatan dalam
menjalankan setiap program.
13. Tidak berhenti bermimpi. Karena awal ketercapaian adalah
sebuah mimpi.
14. Selalu merencanakan hal yang akan dijadikan sebuah
program. Dan berusaha mematangkan rencana. Agar tidak gagal di tengah jalan
15. Berinteraksi dengan warga di lingkup gugus III Imam
Bonjol Kecamatan Babakan. Dalam proses pengembangan kemitraan Kelompok Kinerja
Guru Kelas (KKGK).
16. Selalu mempersiapkan siswa siswi yang terpilih dalam
lomba tingkat Kabupaten yang akan segera dilaksanakan.
17. Selalu memotivasi siswa untuk giat belajar, berinovasi
dan berkreasi meski banyak sekali hambatan yang dilalui.
18. Berdoa kepada tuhan yanv maha Esa.
Dan yang terakhir. Selalu memakai Cinta. Karena dengan cinta
semua langkah kita akan bermakna. Cinta disertai ketulusan akan terasa berbeda.
Dan memiliki nilai tersendiri. Semoga.
1753 / 5000
Bagaimana hasilnya?
Alhamdulillah. Langkah saya terasa ringan.
Saya merasa, selalu ada saja jalan dari setiap masalah.
Sejatinya ketika kita sudah menjadi seorang guru. Maka buatlah diri kita
bermakna. Masuki sistem itu dan berikan totalitas pada sistem tersebut.
Sehingga kita dirasa berpengaruh. Setelah kita memiliki pengaruh yang kuat.
Maka kita akan dibutuhkan. Itu menunjukkan kita memiliki manfaat kepada suatu
sistem. Namun jangan pernah mengharapkan apapun dalam bekerja. Cukup Allah yang
menilai karena hasil terbaik adalah hasil yang diridhoi oleh Allah semata.
3. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah
kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh
pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau
sulit saat menjalankan tugas Anda.
Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau
kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!
Mungkin di tempat kerja saat ini tidak terlalu kompleks ya.
Namun saya pernah mengabdi di Pelosok negeri. Di kabupaten Kepulauan Anambas
Provinsi Kepulauan Riau. Jaraknya dekat dengan kepulauan Natuna yang sering
menuai konflik.
Semasa 2014 saya ditempatkan di SDN 005 Lingai. Desa Lengkeu
kecamatan Siantan Selatan.
Disana alat transportasi yang digunakan adalah pompong atau
peragu mesin diesel. Yang berbahan bakar solar.
1. BAHASA
Hambatan yang pertama adalah Bahasa
Bahasa disana adalah bahasa melayu kampung. Yang mirip
dengan bahasa Upin & Ipin dari Malaysia. Namun mereka berbicara sangat
cepat. Sehingga sulit bagi saya mengerti. Membutuhkan 1 bulan bagi saya untuk
bisa
679 / 5000
Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi
tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda
identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?
untuk mengatasi sebuah masalah dan bisa jadi masalah yang
komprehensif, tentu diperlukan beberapa pendekatan. adapun yang saya lakukan
adalah sebagai berikut:
1. saya melakukan Brainstorming (curah gagasan terstruktur).
bukan hanya saja dalam kegiatan belajar mengajar, dalam menghadapi sebuah
masalahpun kita perlu mendapatkan curah gagasan dari lingkungan sekitar. dalam
hal ini adalah warga sekolah, perangkat sekolah, dan penasehat atau komite
sekolah.
2. menjalin komunikasi terarah. setelah beberapa gagasan
atau ide saya gali saya melakukan komunikasi yang terarah dengan pihak-pihak
yang terkait dalam program yang dilakukan.
3. penguasaan ruang-lingkup
saya melakukan pendekatan dan mencari beberapa kemungkinan
yang terjadi dalam ruang-lingkup sekolah dasar. hal ini menjadikan adanya
hubungan timbal balik dan komunikasi 2 arah antara kami serta menjalin
keharmonisan dalam sebuah lingkar kkeluarga.
4. kerjasama dan solidaritas yang solid.
seberapa besar masalah yang dihadapi tentu akan mudah
terselesaikan jika kita solid dalam bekerjasama selaku tim. karena suatu
anggota badan akan membutuhkan anggota badan lain. jika anggota tubuh sakit
tentu anggota tubuh yang lain merasakannya. pun juga jika anggota tubuh
bergerak dan bekerja maka perlu dukungan dari kinerja anggota tubuh yang lain.
hal inipun termasuk dalam kinerja Tim atau ruang limkup pekerjaan.
1373 / 5000
Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda
hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk
memperkuat keputusan Anda?
dalam mengambik keputusan seseorang sebaiknya melakukan
langkah-langkah berikut:
1. Menyelidiki situasi atau masalah secara detail.
2. Mengumpulkan berbagai macam informasi terkait dengan
situasi tersebut.
3. Menciptakan beberapa alternatif keputusan yang baik untuk
dijadikan opsi untuk dipertimbangankan.
4. Mengidentifikasi resiko, kelayakan, dan implikasinya dari
setiap opsi keputusan.
5. Memilih solusi atau keputusan terbaik dari proses
identifikasi yang sebelumnya sudah dilakukan.
6. Mengevaluasi kembali atau double check keputusan sebelum
diimplementasikan.
Begitupun sebagai seorang guru sudah pasti saya sangat erat
kaitannya dengan siswa. dalam menentukan keputusan sudah pasti saya
mempertimbangkan siswa.
1. Siswa. siswa merupakan subjek dalam pendidikan serta
dalam KBM. maka sebagai seorang guru kita hars mementingkan siswa. program yang
kita gagas pun mesti melibatkan siswa, dan diusahakan siswa berperan aktif
dalam program yang kita gagas. kita juga harus Menyelidiki situasi atau masalah
secara detail tentang siswa, Mengumpulkan berbagai macam informasi terkait
dengan situasi tersebut yang berkaitan dengan siswa, Menciptakan beberapa
alternatif keputusan yang baik untuk dijadikan opsi untuk dipertimbangankan
terkait siswa, Mengidentifikasi resiko, kelayakan, dan implikasinya dari setiap
opsi keputusan yang mengutamakan siswa, Memilih solusi atau keputusan terbaik
dari proses identifikasi yang sebelumnya sudah dilakukan. serta Mengevaluasi
kembali atau double check keputusan sebelum diimplementasikan.
2. meminta pendapat atasan
keterlibtan kita dalam membuat program juga perlu dalam
pendapat dan nasihat dari atasan. karena kepala sekolah merupakan orang tua
guru di sekolah. induk, pimpinan, merupakan sosok yang perlu dijadikan
pertimbangan dalam membuat keputusan. sehingga keputusan yang kita buat
merupakan keputusan yang hakiki kuat dan tidak mementingkan pihak tertentu
saja.
1918 / 5000
Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana
hasilnya?
tindakan yang saya ambil adalah sebagai berikut:
1. Menyampaikan rogram saya kepada khalayak warga sekolah
2. Memberikan gambaran dan dampak positif terkait program
yang saya paparkan
3. Melakukan kerjasama dan simbiosis mutualisme dengan
pihak-pihak terkait
4. mengutamakan kepentingan siswa, dan sekolah
5. melakukan monitoring
6. mengecek kinerja tim sudah sejauh mana perkembangannya.
dan apakah program berjalan dengan baik
7. mengevaluasi kinerja pribadi.
8. selalu meminta masukan kepada atasan dan komite sekolah
4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal
baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik
terkait kemampuan Anda.
Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang
secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau
umpan balik tersebut?
umpan balik yang pertama saya dapatkan ketika menyampaikan
terlebih dulu kepada siswa terkait akan diadakannya bimbingan belajar, dan
penanaman lingkungan hidup disekolah.
mereka sangat antusias, dan senang. apalagi ketika selama
ini belum pernah ada bimbingan belajar komputer yang interaktif dan
komunikatif.
selain itu para wali murid atau orang tua murid juga
merespon positif. dengan menjapri atau menghubungi saya secara langsung di
media sosial bahkan membantu langsung di sekolah. seperti memberikan bantuan
benih sawi, membawa tanaman hias dari rumah untuk ditanam di sekolah dan bahkan
ada yang membawakan tanah unttuk media tanam.
Selain siswa dan orang tua murid, pimpinan dan rekan sejawat
sangatlah senang. karena ada warna baru di SDN 1 Babakangebang. terkait dengan
program lingkungan hidup serta bertambahnya skill kemampuan siswa dalam hal
pendidikan Ilmu Komputer.
respon dari Komite sekolah pun sangat positif dan membangun.
beliau mengharapkan agar program ini tidak berhenti di tengah jalan. serta
berkesinambungan setiap tahun pelajarannya.
1063 / 5000
Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik
tersebut untuk pengembangan diri Anda?
Saya selalu memposisikan diri sebagai pendengar yang baik
dan terus menggali potensi yang saya miliki untuk kebermanfaatan ilmu
pendidikan siswa. selain itu karakter siswa pun diharapkan terbentuk dari
berjalannya program yang saya lakukan.
mendengarkan dengan seksama, menerima dengan lapang dada dan
ambil sisi positif dari setiap masukan. jadikan masukan yang diberikansebagai
guru yang baik "pengalaman" dalam hidup, sebagai cermin bagi
kita dalam mengoreksi kekurangan diri kita. serta menjadikan masukan yang kita
terima sebagai tolok ukur dalam membuat tindakan dan langkah baru kedepannya.
selain itu, saya selalu meminta masukan tentang step by step
program yang saya lakukan kepada mereka yang merespon program ini. hal ini saya
lakukan untuk menjadikan program ini tidak sementara namun berkesinambungan.
meminta evaluasi dari kekurangan program yang sudah
dilakukan.
hal ini perlu dilakukan. karena setiap tindakan pasti tidak
100% sempurna. maka dari itu evalusai, maintenance harus dilakukan dengan
berkesinambungan.
1039 / 5000
Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses
pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung
proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda
lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses
pembelajaran Anda?
Hal berbeda yang saya lakukan untuk mendukung proses
pengembangan diri:
1. yang saya sering lakukan adalah membaca buku.
kenapa membaca?
banyak orang yang sukar suka membaca. hal ini menjadi fakta
di dunia pendidikan. namun saya sangat senang membaca buku terkait motivasi,
dan pengembangan diri. karena dari membaca saya merasa menemukan dunia baru.
2. Berdiskusi dengan Tuhan
setiap hamba pasti memiliki tuhan. nah saya merasa sosok
yang sangat mengerti diri saya adaah tuhan saya itu sendiri yang maha tunggal,
yang maha pengasih lagi maha penyayang. Allah Subhanahuwata'ala. dimana
ketika saya melakukan proses perenungan terkait perancangan suatu program saya
selalu melibatkan tuhan saya. begitupun dalam meyikapi masalah. saya lebih
memilih diam sejenak dalam ketenangan serta berdiskusi dengan Tuhan. bagaimana
cara berdiskusinya?
yakni dengan Doa. karena senjata terampuh adalah doa. dan
sebaik-baik doa adalah doa yang ikhlas, khusyu, dan hanyatertuju kepada tuhan.
3. Berdiskusi dengan pusara Makam orang tua saya.
sudah menjadi kewajiban seorang anak adalah mengunjungi
orang tuanya dalam waktu baik seperti hari jumat. terutama bagi orang tua saya
yang sudah meninggal. perlu kita mendoakan dan ziarah. hal inipun sering
dijadikan media diskusi saya dengan mereka. karena meski hanya satu arah. akan
terasa plong jika sudah dilakukan.
1351 / 5000
Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda
sebutkan di dalam pekerjaan Anda?
Adapun aplikasi hasil proses pembelajaran yang saya sebutkan
di dalam pekerjaan saya adalah :
1. saya lebih merasa tenang dalam menapaki kehidupan di
dunia pekerjaan
2. lebih matang dalam bersikap, berkata dan mantap dalam
mengambil tindakan
3. saya merasa lebih dewasa dalam berpikir. tidak
terburu-buru, tidak mudah cepat lupa dan tidak sembrono.
4. saya merasa matang dalam menjalankan program saya. lebih
ringan saja rasanya meski nyatanya hambatan, atau rintangan selalu ada.
5. Saya merasa selalu ada inspirasi baru untuk menciptakan
pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menarik. Selalu adanide dalam membuat ice
breaking, menarik keaktifan siswa dalam belajar. Membuat hal baru yang
menjadikan ruang kelas hidup. Meskipun selalu ada hambatan (covid 19) yang
terkadang siswa harus daring dan tidak semua siswa memiliki handphone dan
layanan internet. Namun semua itu bisa dihadapi dan diselesaikan secara
bertahap. Alhamdulillah beberapa siswa tersebut mendapatkan layanan PIP
(program indonesia pintar) sehingga dapat mengikuti pembelajaran daring.
Namun dari semua itu. Yang terutama adalah pembelajaran bisa
berlangsung dan program positif juga berjalan.
Hal ini perlu disyukuri
5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap
orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh
masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah,
mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.
Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa
yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?
Untuk mempersiapkan tahun ajaran baru, saya dipercaya untuk
mengikuti pelatihan Pembuatan administrasi serempak di wilayah gugus. Dan
menularkan di sekolah unit tempat mengajar. Dikarenakan ada beberapa pergantian
guru kelas, saya diminta membimbing beberapa rekan sejawat untuk mengolah
administrasi guru. Di awal tahun pelajaran 2021-2022 saya membimbing
rekan-rekan saya mengoperasikan aplikasi administrasi yang harus dibuat oleh
guru seperti daftar kelas, administrasi kelas, dan lain sebagainya.
Alhamdulillah mereka dapat mengerti dan memahami cara pembuatannya. Motivasi
saya adalah kebermanfaatan karena jika kita bermanfaat bagi orang lain adalah
ciri dari insan yang baik. Sebaik-baik umat adalah uang bermanfaat bagi
sesamanya.
739 / 5000
Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara
Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.
Yang menjadikan fokus pengembangan adalah sebagai berikut:
1. Mematuhi dan memenuhi kewahiban sebagai guru. Karena
seorang guru tidak hanya diwajibkan mengajar dan mendidik siswa nya di kelas.
Namun dihadapkan juga pada tanggungjawab administratif sampai kepada penilaian
siswa. Sehingga diketahui sejauh mana prestasi siswa siswinya dalam menguasai
pelajaran yang diaampaikan. Hal ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dan
pertanggungjawaban kinerja kepada atasan. Serta persiapan untuk Penilaian
Kinerja Guru dan Akreditasi jika diadakan akreditasi.
2. Membuat Paradigma Baru
Sudah menjadi rahasia umum bahwa disekolah negeri berbeda
dengan di sekolah swasta. Terutama dalam hal administratif. Tidak jarang
guru-guru bermalas malasana dalam membuat RPP, mengisi admijistrasi guru dan
merekap nilai. Serta melulu memberi tugas berdasarkan bahan ajar yang sudah
diberikan tanpa pembahasan. Nah. Hal ini perlu dirubah dengan paradihma baru.
Alhamdulillah di kecamatan Babakan. Kami difasilitasi dalam program gugus untuk
mengembangkan ide dalam menertibkan administrasi. Sehingga kita dapat menjadi
pribadi yang taat pada tertib administratif
3. Tanggung jawab pada diri sendiri dan atasan
Karena administrasi adalah bukti bahwa kita melakukan
kinerja sebagai guru. Dan sebagai bukti nyata bahwa keberadaan kita reel dalam
ruang lingkup sekolah.
1347 / 5000
Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut?
Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya
apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?
Dukungan yang saya berikan sebagai berikut:
1. Penjelasan secara komprehensif dan terstruktur terkait
aplikasi administratif dan penilaian (aplikasi raport).
Dengan penyampaian di forum guru berupa presentasi.
Membimbing guru untuk mengisi administrasi tersebut. Dan
memberikan cara mengolah data pada aplikasi tersebut.
Adapun hambatan yang dihadapi adalah sebagai berikut:
1. Usia
Beberapa rekan saya sudah sepuh. Dan sering lupa. Jadi perlu
kesabaran ekstra
2. Penguasaan IT atau ilmu komputer yang kurang.
Karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan IT. Maka perlu
dibimbing lebih aktif dan memakan waktu.
3. Alat IT yang kurang.
Laptop yg dimiliki sekolah tidaklah cukup. Jadi harus
bergantian.
Upaya yang saya lakukan untuk menghadapi masalah adalah
sebagai berikut:
1. Menyiapkan mental dan menyiapkan keaabaran ekstra
2. Menjelaskan secara perlahan dan diulang-ulang
3. Pembagian kelompok sesuai rombel atau rombongan belajar.
Contohnya (Guru kelas 4 a dan 4b) dijadikan kelompok agar bisa kerjasama. Dan
memudahkan penyampaian
4. Melakukan pendampingan konntinuitas dan mencatat pertanyaan
jika tidak dipahami serta menjelaskan di buku catatan. Sehingga jika lupa lagi.
Guru tersebut bisa membaca kembali.
5. Mengecek hasil kinerja rekan sejawat sejauh mana bisa
atau tidaknya dalam pengerjaan. Serta menanyakan kendala yang dihadapi dalam pengisian
tugas administratif. Agar bisa membantu lebih baik kedepannya.
6. Membagi waktu untuk melakukan pendampingan tindak lanjut.
Bersama OPS (operator sekolah) saya bekerja sama dibantu
rekan yang mngerti IT mendamping lanjutan beberapa guru yang tidak mengerti
pengisian administratif.
1646 / 5000
Bagaimana hasilnya?
Hasil dari penanganan masalah tersebut adalah sebagai
berikut:
1. Pelaksanaan pengisian administratif guru rampung 100% di
setiap akhir semester.
2. Pengisian raport dan pembagian raport semua di print.
Tanpa tulis tangan lagi.
3. Kemampuan IT guru setidaknya meningkat. Dari tidak tahu
menjadi tahu, bahkan yang tadinya tidak bisa sama sekali bisa mengerjakam
sendiri sampai pada tahap pencetakan.
4. Rekan saya aktif bertanya dan mencatat hasil
pertanyaannya sehingga dapat mengingat kembali sambil melihat catatan.
5. Persiapan PKG (penilaian kinerja guru) terlaksana dengan
baik. Bahkan 100% guru mengerjakan tugasnya dengan baik dan mendapatkan nilai
yang meningkat dari smester atau tahun ajaran sebelumnya.
Alhamdulillah....
Komentar
Posting Komentar