ESSAI PROGRAM GURU PENGGERAK

 

1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak

 

Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

Saya merasa tertantang untuk menjadi guru penggerak karena saya ingin mengembangkan potensi yang saya miliki sebagai profesi guru. sebagai alumni guru SM3T atau guru yang pernah mengabdi di pelosok negeri dengan semboyan maju bersama mencerdaskan indonesia. saya ingin berperan penuh untuk mencerdaskan bangsa. dimulai dari sekolah tempat saya mengabdi dan masyarakat luas. selain itu perlu adanya pembinaan guru secara terprogram dan berkesinambungan. maka dari itu Guru Penggerak bagi saya merupakan sebuah jalan menuju hal tersebut.

535 / 5000

Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Sebagai seorang guru saya merasa diri saya adalah seseorang yang mau belajar. karena sebelum kita mengajar, tentu harus sudah menguasai ilmu tersebut. haus akan ilmu dan pengalaman bagi saya merupakan kunci untuk terus menggali pemahaman dan khazanah keilmuan. guru penggerak merupakan wadah bagi saya yang tepat untuk menyalurkan kelebihan saya dalam mengaplikasikan pengalaman belajar, menjalin relasi dalam dunia pendidikan, dan meningkatkan profesionalisme. selaku guru yang sudah menempuh jenjang Pendidikan Profesi Guru (PPG). dirasa bagi saya perlu pengaplikasian ilmu tersebut. Sehingga dapat bermakna dalam menjalani kehidupan saya di dunia pendidikan.

Menyukai tantangan adalah sifat mendasar saya mengapa saya harus berperan di guru penggerak ini. karena sebagai seorang guru tentu kita akan dihadapkan pada tantangan global yang menuntut seorang guru memiiliki multi fungsi dan multi talent. sehingga pendidikan tidak monoton dan berwarna serta diharapkan dapat menciptakan generasi Emas di masa mendatang.

Saya memiliki kemampuan untuk Ilmu IT dasar. Setidaknya saya menguasai Microsot Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Powerpoint. Selain itu saya aktif membuat konten di Chanel Youtube saya (Adi Project) yang isinya berupa konten kreasi seperti pembelajaran IT dasar dan sastra. Dan saya juga memverikan sharing atau berbagi cara atau tutorial membuat kuis interaktif menggunakan Powerpoint. Sehingga beberapa rekan saya tertarik membuat chanel youtube untuk dokumentasi kegiatan belajar mengajarnya. Alhamdulillah bisa memotivasi rekan menjadi ke arah positif.

1595 / 5000

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Secara sederhana di awal tahun 2020 saya hadir di sekolah SDN 1 Babakangebang. mengajar siswa di kelas IV. saya berangkat setiap pukul 06.00. saya menyiapkan administrasi dan melakukan tegur sapa kepada guru dan siswa. sebulan dua bulan kemudian nampak. ada perubahan secara sikap dan attitude siswa kepada saya. kami mudah akrab dan menciptakan atmosfer hangat dalam ruang lingkup kinerja. lalu saya dipercaya untuk program lingkungan hidup oleh kepsek. maka saya dan rekan sejawat dibantu oleh para siswa dan wali murid mengadakan pennghijauan. secara bertahap. kemudian jadilah kebun sayuran sehingga dapat dikonsumsi bersama. selain itu halaman kelas dan sekolah lebih indah dan rapih serta enak dipandang.

selain itu, secara berkesinambungan saya memberi pembelajaran tambahan diluar jam belajar di sekolah

mungkin bisa disebut les. saya menambahkan pembinaan karakter, pembelajaran matematika dan ilmu komputer sederhana (Microsoft Office). Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan anak didik saya sudah bisa dan ada yang cukup lancar dalam pengetikan di Microsoft Word, membuat gambar dalam Paint, serta dapat membuat presentasi sederhana pada Microsoft Powerpoint.

di awal tahun pelajaran 2021-2022 siswa siswi saya yang saya bina naik ke kelas 5. Dimana Ada program AKM (Assesment Kompetensi Minimum). Berbekal pelatihan dan bimbingan dari saya, setidaknya mereka bisa mengerjakan soal dengan menggunakan laptop. dapat mengetik dengan baik dan mudah mengerjakan soal AKM.

Di awal semester saya menyelesksi siswa untuk persiapan lomba akademik dan non akademik. Dari hasil rapat, saya diminta membina dan melatih siswa di cabang sastra daerah. Saya menyeleksi dan terpilihlah beberapa siswa sesuai cabang mata lomba.

Diantaranya ada 5 mata lomba yang diikuti oleh siswa siswi saya. Ada lomba berpidato (Bahasa Indonesia), menggambar bercerita, Maca Warta, Maca Sajak Sunda, dan Ngadongeng Sunda.

Dari 5 lomba tersebut 3 diantaranya mendapat juara. Yaitu lomba maca Warta sunda juara 3. Juara 2 maca sajak Sunda, dan Juara 1 Dongeng Sunda. Dan mewakili kecamatan menuju tingkat Kabupaten. Semoga mendapqtkan hasil terbaik.

Semua yang sudah saya lakukan. Masihlah sebagian kecil dari semua cita-cita bangsa. Yakni kecerdasan yang merata bagi semua putra putri Indonesia. Guna menyiapkan generasi emas di masa mendatang. Harapan saya semoga saya istiqomah dengan penuh cinta menjalankan ini semua. Serta diberikan selalu kesehatan dan kemudahan melakukan inovasi.

 

 

 

2. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

 

Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

Pada permualaan Semester 1 Tahun Pelajaran 2021-2022 Saya diminta oleh Kepala Sekolah untuk melakukan perubahan kecil yakni pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Saya diminta bekerjasama dengan penkaga sekolah dan rekan sejawat.

Saya meminta arahan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan rekan guru. untuk membuat rencana program. Alhamdulillah. Saya dapat membentuk TIM dan membaginya sesuai tugas masing2. Semua sangat antusias. Kami melakukan program tersebut setiap hati sabtu. Meski terkadang bebera kali sering terganggu dengan ragam kegiatan sekolah serta renovasi bangunan sekolah. Namun kegiatan selalu dilakukan secara bertahap. Sedikitnya tanaman sayur bisa kami nikmati seperti pakchoy, kangkung, cabai. Hasil kami menanam di halaman sekolah. Serta tanaman hiaspun menjadi hadir memperindah halaman sekolah kami.

831 / 5000

Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?

Awalnya rekan-rekan merasa keberatan karena sudah pasti menambah beban kinerja mereka. Dan biasanya sepulang sekolah sibuk dengan urusan masing-masing. Namun dengan saling terbuka dan saling membuka hati dan fikiran serta komunikasi yang intens guna mengembangkan serta membangun sekolah yang lebih asri. Alhamdulillah kesepakatanpun terlaksana. Hambatan lainnya adalah. Masalah lahan yang sempit serta adanya rehab sekolah sebanyak 2x. Yakni rehab ruang Guru dan ruang kelas. Sehingga mengakibatkan banyak tanaman yg rusak, hilang dan barang2 perkebunan hilang. Hal ini perlu kerja keras dan penanaman ulang serta perawatan ulang lingkungan hidup di SDN 1 Babakangebang. Namun saya pribadi tak pantang menyerah. Semoga dengan dana yang minim bisa terlaksana secara kontinuitas. Oya. Mengenai pendanaan. Kami bekerjasama dengan para siswa melalui kegiatan belajarmengajar pada pembelajaran SBDP (Seni Budaya dan Prakarya) saya menugaskan siswa membuat pot dari limbah plastik. Serta membuat kelompok untuk membawa media tanam seperti pupuk kandang dan tanah yang bagus untuk dijadikan media tanam. Untuk benih dan polybag. Mendapat bantuan dari kepala sekolah. Alhamdulillah selalu ada bantuan dan kemudahan disetiap program sederhana yang saya gagas.

1251 / 5000

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

Upaya yang saya lakukan adalah :

1. Mengolah hati, rasa dan pikiran untuk terus semangat dan teguh dalam menjalankan program yang saya gagas.

2. Menjalin kerjasama dan diskusi rutin bersama rekan tim saya.

3. Meminta saran dan arahan dari atasan guna evaluasi setiap kinerja yang saya lakukan.

4. Melakukan perawatan secara berkala terhadap lingkungan hidup.

5. Secara bertahap melakukan penanaman dan pengelolaan PLH setelah bangunan di rehab.

6. Menjalin kinerjasama yang baik dengan seluruh warga sekolah

7. Selalu berusaha rendah hati dan menggali inovasi yang selalu ada di benak

Dan pikiran saya.

8. Berusaha untuk amanah

9. Selalu bersikap jujur dan apa adanya

10. Mencari literatur serta banyak membaca dari berbagai sumber tentang program- program yang bermanfaat bagi sekolah.

11. Meningkatkan kualitas mengajar saya dimasa pandemi covid 19 ini.

12. Selalh berinovasi meski selalu ada saja hambatan dalam menjalankan setiap program.

13. Tidak berhenti bermimpi. Karena awal ketercapaian adalah sebuah mimpi.

14. Selalu merencanakan hal yang akan dijadikan sebuah program. Dan berusaha mematangkan rencana. Agar tidak gagal di tengah jalan

15. Berinteraksi dengan warga di lingkup gugus III Imam Bonjol Kecamatan Babakan. Dalam proses pengembangan kemitraan Kelompok Kinerja Guru Kelas (KKGK).

16. Selalu mempersiapkan siswa siswi yang terpilih dalam lomba tingkat Kabupaten yang akan segera dilaksanakan.

17. Selalu memotivasi siswa untuk giat belajar, berinovasi dan berkreasi meski banyak sekali hambatan yang dilalui.

18. Berdoa kepada tuhan yanv maha Esa.

Dan yang terakhir. Selalu memakai Cinta. Karena dengan cinta semua langkah kita akan bermakna. Cinta disertai ketulusan akan terasa berbeda. Dan memiliki nilai tersendiri. Semoga.

1753 / 5000

Bagaimana hasilnya?

Alhamdulillah. Langkah saya terasa ringan.

Saya merasa, selalu ada saja jalan dari setiap masalah. Sejatinya ketika kita sudah menjadi seorang guru. Maka buatlah diri kita bermakna. Masuki sistem itu dan berikan totalitas pada sistem tersebut. Sehingga kita dirasa berpengaruh. Setelah kita memiliki pengaruh yang kuat. Maka kita akan dibutuhkan. Itu menunjukkan kita memiliki manfaat kepada suatu sistem. Namun jangan pernah mengharapkan apapun dalam bekerja. Cukup Allah yang menilai karena hasil terbaik adalah hasil yang diridhoi oleh Allah semata.

3. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.

 

Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

Mungkin di tempat kerja saat ini tidak terlalu kompleks ya. Namun saya pernah mengabdi di Pelosok negeri. Di kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau. Jaraknya dekat dengan kepulauan Natuna yang sering menuai konflik.

Semasa 2014 saya ditempatkan di SDN 005 Lingai. Desa Lengkeu kecamatan Siantan Selatan.

Disana alat transportasi yang digunakan adalah pompong atau peragu mesin diesel. Yang berbahan bakar solar.

1. BAHASA

Hambatan yang pertama adalah Bahasa

Bahasa disana adalah bahasa melayu kampung. Yang mirip dengan bahasa Upin & Ipin dari Malaysia. Namun mereka berbicara sangat cepat. Sehingga sulit bagi saya mengerti. Membutuhkan 1 bulan bagi saya untuk bisa

679 / 5000

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?

untuk mengatasi sebuah masalah dan bisa jadi masalah yang komprehensif, tentu diperlukan beberapa pendekatan. adapun yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. saya melakukan Brainstorming (curah gagasan terstruktur). bukan hanya saja dalam kegiatan belajar mengajar, dalam menghadapi sebuah masalahpun kita perlu mendapatkan curah gagasan dari lingkungan sekitar. dalam hal ini adalah warga sekolah, perangkat sekolah, dan penasehat atau komite sekolah.

2. menjalin komunikasi terarah. setelah beberapa gagasan atau ide saya gali saya melakukan komunikasi yang terarah dengan pihak-pihak yang terkait dalam program yang dilakukan.

3. penguasaan ruang-lingkup

saya melakukan pendekatan dan mencari beberapa kemungkinan yang terjadi dalam ruang-lingkup sekolah dasar. hal ini menjadikan adanya hubungan timbal balik dan komunikasi 2 arah antara kami serta menjalin keharmonisan dalam sebuah lingkar kkeluarga.

4. kerjasama dan solidaritas yang solid.

seberapa besar masalah yang dihadapi tentu akan mudah terselesaikan jika kita solid dalam bekerjasama selaku tim. karena suatu anggota badan akan membutuhkan anggota badan lain. jika anggota tubuh sakit tentu anggota tubuh yang lain merasakannya. pun juga jika anggota tubuh bergerak dan bekerja maka perlu dukungan dari kinerja anggota tubuh yang lain. hal inipun termasuk dalam kinerja Tim atau ruang limkup pekerjaan.

1373 / 5000

Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?

dalam mengambik keputusan seseorang sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut:

1. Menyelidiki situasi atau masalah secara detail.

2. Mengumpulkan berbagai macam informasi terkait dengan situasi tersebut.

3. Menciptakan beberapa alternatif keputusan yang baik untuk dijadikan opsi untuk dipertimbangankan.

4. Mengidentifikasi resiko, kelayakan, dan implikasinya dari setiap opsi keputusan.

5. Memilih solusi atau keputusan terbaik dari proses identifikasi yang sebelumnya sudah dilakukan.

6. Mengevaluasi kembali atau double check keputusan sebelum diimplementasikan.

 

Begitupun sebagai seorang guru sudah pasti saya sangat erat kaitannya dengan siswa. dalam menentukan keputusan sudah pasti saya mempertimbangkan siswa.

1. Siswa. siswa merupakan subjek dalam pendidikan serta dalam KBM. maka sebagai seorang guru kita hars mementingkan siswa. program yang kita gagas pun mesti melibatkan siswa, dan diusahakan siswa berperan aktif dalam program yang kita gagas. kita juga harus Menyelidiki situasi atau masalah secara detail tentang siswa, Mengumpulkan berbagai macam informasi terkait dengan situasi tersebut yang berkaitan dengan siswa, Menciptakan beberapa alternatif keputusan yang baik untuk dijadikan opsi untuk dipertimbangankan terkait siswa, Mengidentifikasi resiko, kelayakan, dan implikasinya dari setiap opsi keputusan yang mengutamakan siswa, Memilih solusi atau keputusan terbaik dari proses identifikasi yang sebelumnya sudah dilakukan. serta Mengevaluasi kembali atau double check keputusan sebelum diimplementasikan.

2. meminta pendapat atasan

keterlibtan kita dalam membuat program juga perlu dalam pendapat dan nasihat dari atasan. karena kepala sekolah merupakan orang tua guru di sekolah. induk, pimpinan, merupakan sosok yang perlu dijadikan pertimbangan dalam membuat keputusan. sehingga keputusan yang kita buat merupakan keputusan yang hakiki kuat dan tidak mementingkan pihak tertentu saja.

1918 / 5000

Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?

tindakan yang saya ambil adalah sebagai berikut:

1. Menyampaikan rogram saya kepada khalayak warga sekolah

2. Memberikan gambaran dan dampak positif terkait program yang saya paparkan

3. Melakukan kerjasama dan simbiosis mutualisme dengan pihak-pihak terkait

4. mengutamakan kepentingan siswa, dan sekolah

5. melakukan monitoring

6. mengecek kinerja tim sudah sejauh mana perkembangannya. dan apakah program berjalan dengan baik

7. mengevaluasi kinerja pribadi.

8. selalu meminta masukan kepada atasan dan komite sekolah

4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.

 

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

umpan balik yang pertama saya dapatkan ketika menyampaikan terlebih dulu kepada siswa terkait akan diadakannya bimbingan belajar, dan penanaman lingkungan hidup disekolah.

mereka sangat antusias, dan senang. apalagi ketika selama ini belum pernah ada bimbingan belajar komputer yang interaktif dan komunikatif.

selain itu para wali murid atau orang tua murid juga merespon positif. dengan menjapri atau menghubungi saya secara langsung di media sosial bahkan membantu langsung di sekolah. seperti memberikan bantuan benih sawi, membawa tanaman hias dari rumah untuk ditanam di sekolah dan bahkan ada yang membawakan tanah unttuk media tanam.

Selain siswa dan orang tua murid, pimpinan dan rekan sejawat sangatlah senang. karena ada warna baru di SDN 1 Babakangebang. terkait dengan program lingkungan hidup serta bertambahnya skill kemampuan siswa dalam hal pendidikan Ilmu Komputer.

respon dari Komite sekolah pun sangat positif dan membangun. beliau mengharapkan agar program ini tidak berhenti di tengah jalan. serta berkesinambungan setiap tahun pelajarannya.

1063 / 5000

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

Saya selalu memposisikan diri sebagai pendengar yang baik dan terus menggali potensi yang saya miliki untuk kebermanfaatan ilmu pendidikan siswa. selain itu karakter siswa pun diharapkan terbentuk dari berjalannya program yang saya lakukan.

mendengarkan dengan seksama, menerima dengan lapang dada dan ambil sisi positif dari setiap masukan. jadikan masukan yang diberikansebagai guru yang baik "pengalaman" dalam hidup, sebagai cermin bagi kita dalam mengoreksi kekurangan diri kita. serta menjadikan masukan yang kita terima sebagai tolok ukur dalam membuat tindakan dan langkah baru kedepannya.

selain itu, saya selalu meminta masukan tentang step by step program yang saya lakukan kepada mereka yang merespon program ini. hal ini saya lakukan untuk menjadikan program ini tidak sementara namun berkesinambungan.

meminta evaluasi dari kekurangan program yang sudah dilakukan.

hal ini perlu dilakukan. karena setiap tindakan pasti tidak 100% sempurna. maka dari itu evalusai, maintenance harus dilakukan dengan berkesinambungan.

1039 / 5000

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

Hal berbeda yang saya lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri:

1. yang saya sering lakukan adalah membaca buku.

kenapa membaca?

banyak orang yang sukar suka membaca. hal ini menjadi fakta di dunia pendidikan. namun saya sangat senang membaca buku terkait motivasi, dan pengembangan diri. karena dari membaca saya merasa menemukan dunia baru.

2. Berdiskusi dengan Tuhan

setiap hamba pasti memiliki tuhan. nah saya merasa sosok yang sangat mengerti diri saya adaah tuhan saya itu sendiri yang maha tunggal, yang maha pengasih lagi maha penyayang. Allah Subhanahuwata'ala. dimana ketika saya melakukan proses perenungan terkait perancangan suatu program saya selalu melibatkan tuhan saya. begitupun dalam meyikapi masalah. saya lebih memilih diam sejenak dalam ketenangan serta berdiskusi dengan Tuhan. bagaimana cara berdiskusinya?

yakni dengan Doa. karena senjata terampuh adalah doa. dan sebaik-baik doa adalah doa yang ikhlas, khusyu, dan hanyatertuju kepada tuhan.

3. Berdiskusi dengan pusara Makam orang tua saya.

sudah menjadi kewajiban seorang anak adalah mengunjungi orang tuanya dalam waktu baik seperti hari jumat. terutama bagi orang tua saya yang sudah meninggal. perlu kita mendoakan dan ziarah. hal inipun sering dijadikan media diskusi saya dengan mereka. karena meski hanya satu arah. akan terasa plong jika sudah dilakukan.

1351 / 5000

Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

Adapun aplikasi hasil proses pembelajaran yang saya sebutkan di dalam pekerjaan saya adalah :

1. saya lebih merasa tenang dalam menapaki kehidupan di dunia pekerjaan

2. lebih matang dalam bersikap, berkata dan mantap dalam mengambil tindakan

3. saya merasa lebih dewasa dalam berpikir. tidak terburu-buru, tidak mudah cepat lupa dan tidak sembrono.

4. saya merasa matang dalam menjalankan program saya. lebih ringan saja rasanya meski nyatanya hambatan, atau rintangan selalu ada.

5. Saya merasa selalu ada inspirasi baru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menarik. Selalu adanide dalam membuat ice breaking, menarik keaktifan siswa dalam belajar. Membuat hal baru yang menjadikan ruang kelas hidup. Meskipun selalu ada hambatan (covid 19) yang terkadang siswa harus daring dan tidak semua siswa memiliki handphone dan layanan internet. Namun semua itu bisa dihadapi dan diselesaikan secara bertahap. Alhamdulillah beberapa siswa tersebut mendapatkan layanan PIP (program indonesia pintar) sehingga dapat mengikuti pembelajaran daring.

Namun dari semua itu. Yang terutama adalah pembelajaran bisa berlangsung dan program positif juga berjalan.

Hal ini perlu disyukuri

5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.

 

Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?

Untuk mempersiapkan tahun ajaran baru, saya dipercaya untuk mengikuti pelatihan Pembuatan administrasi serempak di wilayah gugus. Dan menularkan di sekolah unit tempat mengajar. Dikarenakan ada beberapa pergantian guru kelas, saya diminta membimbing beberapa rekan sejawat untuk mengolah administrasi guru. Di awal tahun pelajaran 2021-2022 saya membimbing rekan-rekan saya mengoperasikan aplikasi administrasi yang harus dibuat oleh guru seperti daftar kelas, administrasi kelas, dan lain sebagainya. Alhamdulillah mereka dapat mengerti dan memahami cara pembuatannya. Motivasi saya adalah kebermanfaatan karena jika kita bermanfaat bagi orang lain adalah ciri dari insan yang baik. Sebaik-baik umat adalah uang bermanfaat bagi sesamanya.

739 / 5000

Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.

Yang menjadikan fokus pengembangan adalah sebagai berikut:

1. Mematuhi dan memenuhi kewahiban sebagai guru. Karena seorang guru tidak hanya diwajibkan mengajar dan mendidik siswa nya di kelas. Namun dihadapkan juga pada tanggungjawab administratif sampai kepada penilaian siswa. Sehingga diketahui sejauh mana prestasi siswa siswinya dalam menguasai pelajaran yang diaampaikan. Hal ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dan pertanggungjawaban kinerja kepada atasan. Serta persiapan untuk Penilaian Kinerja Guru dan Akreditasi jika diadakan akreditasi.

2. Membuat Paradigma Baru

Sudah menjadi rahasia umum bahwa disekolah negeri berbeda dengan di sekolah swasta. Terutama dalam hal administratif. Tidak jarang guru-guru bermalas malasana dalam membuat RPP, mengisi admijistrasi guru dan merekap nilai. Serta melulu memberi tugas berdasarkan bahan ajar yang sudah diberikan tanpa pembahasan. Nah. Hal ini perlu dirubah dengan paradihma baru. Alhamdulillah di kecamatan Babakan. Kami difasilitasi dalam program gugus untuk mengembangkan ide dalam menertibkan administrasi. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang taat pada tertib administratif

3. Tanggung jawab pada diri sendiri dan atasan

Karena administrasi adalah bukti bahwa kita melakukan kinerja sebagai guru. Dan sebagai bukti nyata bahwa keberadaan kita reel dalam ruang lingkup sekolah.

1347 / 5000

Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

Dukungan yang saya berikan sebagai berikut:

1. Penjelasan secara komprehensif dan terstruktur terkait aplikasi administratif dan penilaian (aplikasi raport).

Dengan penyampaian di forum guru berupa presentasi.

Membimbing guru untuk mengisi administrasi tersebut. Dan memberikan cara mengolah data pada aplikasi tersebut.

 

 

Adapun hambatan yang dihadapi adalah sebagai berikut:

1. Usia

Beberapa rekan saya sudah sepuh. Dan sering lupa. Jadi perlu kesabaran ekstra

2. Penguasaan IT atau ilmu komputer yang kurang.

Karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan IT. Maka perlu dibimbing lebih aktif dan memakan waktu.

3. Alat IT yang kurang.

Laptop yg dimiliki sekolah tidaklah cukup. Jadi harus bergantian.

 

 

Upaya yang saya lakukan untuk menghadapi masalah adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan mental dan menyiapkan keaabaran ekstra

2. Menjelaskan secara perlahan dan diulang-ulang

3. Pembagian kelompok sesuai rombel atau rombongan belajar. Contohnya (Guru kelas 4 a dan 4b) dijadikan kelompok agar bisa kerjasama. Dan memudahkan penyampaian

4. Melakukan pendampingan konntinuitas dan mencatat pertanyaan jika tidak dipahami serta menjelaskan di buku catatan. Sehingga jika lupa lagi. Guru tersebut bisa membaca kembali.

5. Mengecek hasil kinerja rekan sejawat sejauh mana bisa atau tidaknya dalam pengerjaan. Serta menanyakan kendala yang dihadapi dalam pengisian tugas administratif. Agar bisa membantu lebih baik kedepannya.

 

6. Membagi waktu untuk melakukan pendampingan tindak lanjut.

Bersama OPS (operator sekolah) saya bekerja sama dibantu rekan yang mngerti IT mendamping lanjutan beberapa guru yang tidak mengerti pengisian administratif.

1646 / 5000

Bagaimana hasilnya?

Hasil dari penanganan masalah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pelaksanaan pengisian administratif guru rampung 100% di setiap akhir semester.

2. Pengisian raport dan pembagian raport semua di print. Tanpa tulis tangan lagi.

3. Kemampuan IT guru setidaknya meningkat. Dari tidak tahu menjadi tahu, bahkan yang tadinya tidak bisa sama sekali bisa mengerjakam sendiri sampai pada tahap pencetakan.

4. Rekan saya aktif bertanya dan mencatat hasil pertanyaannya sehingga dapat mengingat kembali sambil melihat catatan.

5. Persiapan PKG (penilaian kinerja guru) terlaksana dengan baik. Bahkan 100% guru mengerjakan tugasnya dengan baik dan mendapatkan nilai yang meningkat dari smester atau tahun ajaran sebelumnya.

Alhamdulillah....

Komentar

Postingan populer dari blog ini